Kesejahteraan Mahasiswa

1. Beasiswa Bidikmisi atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K)

Beasiswa Bidikmisi atau yang sekarang disebut sebagai Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) merupakan program beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu dan berprestasi yang diselenggarakan oleh Dikti. Program ini memberikan bantuan berupa biaya Pendidikan dan biaya hidup untuk mahasiswa selama 8 semester.

Persyaratan mengikuti beasiswa bidikmisi atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yaitu :

1.) Siswa SMA/SMK/Ma atau bentuk lain yang akan lulus pada tahun pendaftaran atau satu tahun sebelumnya.
2.) Lulusan tahun sebelumnya yang bukan penerima bidikmisi atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru dimasing-masing perguruan tinggi.
3.) Usia paling tinggi saat mendaftar adalah 21 tahun
4.) Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria :
Siswa penerima Bantuan Siswa Miskin (BSM) atau pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami/istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wai dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
5.) Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4
6.) Memiliki potensi akademik bak berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah
7.) Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan :
PTN dengan pilihan seleksi masuk :
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Seleksi Mandiri

2. Beasiswa Bank Indonesia (GenBI)

Beasiswa Bank Indonesia adalah beasiswa yang dari Bank Indonesia (BI) untuk mahasiswa S-1, D-4, dan D-3 di berbagai PTN dan PTS terpilih. Melalui program beasiswa ini, BI memberikan bantuan biaya kuliah, tunjangan studi, dan biaya hidup untuk GenBI (sebutan untuk penerima beasiswa).

BI sudah memulai program beasiswa ini sejak tahun 2011 untuk mahasiswa S-1. Sejak tahun 2020, cakupan programnya mulai meluas dengan memberi kesempatan untuk mahasiswa D-3. Kemudian, makin luas lagi pada tahun 2021 dengan memberi kesempatan kepada mahasiswa D-4 yang berkuliah di politeknik. Beasiswa ini terbuka untuk mahasiwa dari perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Bank Indonesia.

Tentu saja, Bank Indonesia mengeluarkan program ini memiliki maksud mulia yang ingin dicapai. Bahkan, tujuan-tujuan tersebut tertulis lengkap pada laman resmi beasiswa ini.

  • meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, indeks pembangunan manusia (human development index), dan daya saing bangsa;
  • menaikkan tingkat motivasi belajar serta menjamin keberlangsungan studi mahasiswa dan menghidupkan harapan bagi mahasiswa yang mempunyai prestasi (potensi) akademik untuk dapat menempuh serta menyelesaikan pendidikan tinggi; serta
  • meningkatkan prestasi mahasiswa, baik dalam bidang akademik (kurikuler) dan nonakademik sehingga mampu menghasilkan SDM yang kreatif, mandiri, produktif, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi serta mampu berperan dalam pemberdayaan masyarakat.

Adapun ruang lingkup kegiatannya, yaitu:

  • menetapkan desain program secara keseluruhan, termasuk perguruan tinggi penerima, nilai beasiswa, kriteria mahasiswa, dan mekanisme seleksi;
  • melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi, monitoring, dan evaluasi selama program; dan
  • melaksanakan tahapan program sesuai dengan ketentuan dan periode waktu.